Cara Jualan Online Laris di Website Maupun Marketplace

 

 

Dalam memahami cara jualan online laris,  setidaknya, ada 3 aspek yang harus dipenuhi yaitu product market fit (titik temu antara produk dengan permintaan pasar), Large market size (permintaan pasar cukup luas dan besar, tidak hanya sekedar trend) dan high customer retention (produk bisa dibeli lebih dari 1x dalam kurun waktu yang singkat).

 

Kembali ke konsep awal bahwasanya sebagai pengusaha di pasar yang kompetitif, Anda mungkin sudah merasakan efek dari transformasi digital ini, dan mungkin Anda ingin mendapatkan berkah dalam perkembangan teknologi yang makin pesat tersebut.

 

Tetapi menjual online tidak selalu semudah ataupun serumit yang kelihatan dari luar. Bahkan untuk pemilik bisnis yang cerdas dan berpengalaman sekalipun, arena persaingan e-commerce selalu saja sanggup menghadirkan hambatan yang membuat memulai mereka sedikit down mentalnya, mulai dari memutuskan produk apa yang akan dijual hingga memilih platform e-commerce yang tepat.

 

Meskipun demikian, manfaat penjualan online dapat jauh lebih besar daripada tantangannya: mulai dari penjualan lintas batas, akses ke pelanggan baru, fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih besar serta ​​peluangnya yang tidak terbatas.

 

Komponen Penting Toko Online

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan uang, Anda tidak bisa begitu saja merilis sebuah produk secara online asal asalan dan berharap bisnis Anda berkembang pesat — Anda harus meletakkan konsep dasar jualan online yang benar terlebih dahulu.

 

Memilih produk yang bagus adalah inti dari bisnis yang sukses, tetapi ada beberapa komponen lain untuk menjalankan toko online yang tidak boleh diabaikan. Di sini kita akan membahas yang paling penting untuk membantu Anda memulai awal yang baik.

 

Merk toko/produk

 

Kesan pertama selalu diperhitungkan, dan memilih nama merek yang tepat memiliki kemampuan untuk membuat booming atau justru akan menghancurkan bisnis Anda.

Tidak peduli seberapa hebat produk Anda, nama merek yang mudah dilupakan berisiko terkubur di antara kemasannya dan juga persaingan pasar.

Sebaliknya nama merek yang menarik bakal memiliki potensi untuk menangkap audiens Anda dan menarik mereka ke situs web Anda untuk menghasilkan penjualan yang lebih banyak lagi.

 

Dalam banyak hal, nama merek menceritakan kisah bisnis Anda. Idealnya merk tersebut menyampaikan untuk apa bisnis Anda berdiri, nilai-nilai apa yang dapat Anda tawarkan ke pelanggan Anda. Dan sebagai hasilnya, pelanggan akan sering mengasosiasikan nama merek Anda dengan produk Anda dan bagaimana perasaan mereka.

 

Bahkan nama merek bermerek dagang kelas dunia seperti Kleenex, Chapstick, dan Band-Aid sering digunakan saat ini untuk menggambarkan merek apa pun dalam kategori produk tertentu — yang menunjukkan betapa kuatnya kita mengaitkan nama merek dengan produk yang diwakilinya.

 

Berikut adalah lima langkah sederhana untuk menghasilkan nama merek yang mudah diingat:

 

  • Letakkan pena di atas kertas dan bertukar pikiran dengan rekan kerja atau pebisnis yang lebih senior untuk membuat daftar nama yang memungkinkan untuk dicoba.
  • Tetap sederhana, menggunakan kata-kata deskriptif yang jelas dan bertujuan untuk memberi konotasi positif.
  • Tampil menonjol dari yang lain, dan pastikan namanya tidak terdengar mirip dengan nama pesaing Anda.
  • Jauhi kata-kata buzz yang trendi, dan pilihlah nama yang klasik dan abadi.
  • Pilih nama yang akan terlihat dan terdengar bagus di logo, slogan, dan nama domain Anda.

Cara Jualan Online Laris di Website Maupun Marketplace 

 

Susun rencana bisnis

Rencana bisnis seyogyanya dilakukan dengan matang. Ada beberapa hal penting yang harus dijalankan sesuai tahapan agar sukses. Mulailah dengan membuat tujuan usaha. Kemudian menentukan target market.

Setelah target ditetapkan pemilihan bisnis yang sesuai mesti dilakukan dengan baik. Membuat prediksi kebutuhan pasar dan tren pasar merupakan langkah penunjang yang tepat untuk dilakukan. Lakukan perhitungan modal dan kebutuhan belanja usaha agar target lebih mudah direalisasikan.

 

Tetapkan jenis produk yang ingin dijual

Cara paling mudah menentukan jenis produk yang ingin dijual adalah dengan melihat tren yang ada. Karakteristik pasar Indonesia termasuk konsumen yang sangat gemar mencoba hal-hal baru. Hal ini yang mendorong jika ada satu produk yang sedang menjadi tren, maka yang lain juga akan berbondong-bondong mengikutinya.

Kelebihan lain tren adalah tidak perlu stok jangka panjang. Model bisnisnya adalah hit and run. Beli segera jual. Yang jelas pasti laris karena produk tren.  Ambil saja contoh produk yang sedang ngetren adalah waist bag. Dulu dikenal sebagai tas pinggang kaum marjinal, kini tas pinggang menjadi salah satu pendukung gaya berpakaian untuk anak muda.

Cari supplier

 

Cara paling mudah untuk mencari supplier adalah dengan menjadi konsumen terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar Anda tahu apakah supplier tersebut pantas menjadi produsen bisnis Anda.

Dengan menjadi konsumen Anda bisa membuktikan sendiri seperti apa kredibilitas mereka. Agar harga murah maka cari supplier tangan pertama. Biar tertib administrasi dan pencatatan pastikan Anda memperoleh laporan resi, produk dipaket aman sampai tujuan, serta sesuai dengan pesanan.

 

Tentukan Target Pasar

Target pasar efektif untuk mempersempit pemasaran agar fokus pada segmen yang kita bidik. Kita harus bisa membidik pasar sesuai dengan kemampuan dan kelebihan yang kita miliki. Jangan sampai over budget tapi tidak efektif dalam mendatangkan omset sehingga bisa merugi nantinya.

 

Tips jualan online agar laris

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh penjual online agar dagangannya laris. Diskon untuk pembelanjaan pertama pembeli merupakan cara yang paling umum dilakukan. Kemudian berlanjut dengan memberi diskon di momen-momen tertentu. Jika sedang launching produk baru bisa diberikan diskon untuk meningkatkan penjualan produk baru tersebut.

Cara lainnya yang termasuk tren baru adalah dengan menerapkan Sistem Bundling atau Minimal Pembelian. Tawarkan Diskon untuk Pelanggan yang Mengikuti Toko Online mu bisa membantu mendongkrak strategi penjualan yang Anda jalankan.

 

Memilih platform penjualan online. 

Memilih platform jualan online yang paling sesuai bisa dimulai dengan memperhatikan Target Customer. Kemudian pilih platform yang mudah diakses. Anda harus memilih platform yang memiliki fitur yang dibutuhkan.

 

Tahap selanjutnya masuk ke inti bisnis yaitu mengenali kategori bisnis baru kemudian mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan.

 

Lakukan perhitungan budget 

 

Budget atau anggaran merupakan hal paling penting dan mendasar dalam bisnis. Proses ini memperhitungkan antara harta atau pendapatan yang dimiliki dengan pengeluaran untuk kebutuhan di masa mendatang.

Informasi yang dibutuhkan yaitu data, peristiwa di masa lalu, risiko di masa depan. Perkiraan-perkiraan tersebut kemudian dianalisis dan diukur dengan kemampuan Anda untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai.  Singkatnya, budgeting adalah proses dimana Anda memperkirakan berapa uang yang harus Anda keluarkan berdasarkan kemampuan Anda mengeluarkan uang tersebut.

 

Mengadakan promosi dan diskon

 

Cara paling efektif dalam membuat program diskon adalah dengan memberikan diskon di awal bulan. Mengapa demikian? Rata-rata pekerja memiliki tanggal gajian awal bulan sehingga saat mereka pegang uang disitu kita pancing dengan diskon barang sehingga mereka tergoda untuk belanja produk kita.

 

Jadi, memberikan diskon di setiap awal bulan akan lebih efektif, karena pasti uang dari gaji masih belum banyak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya ”Diskon 20% all item untuk setiap tanggal 1-5”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.