Strategi Social Media Marketing untuk Launching Produk

KW: Social Media Marketing

Saat ini, setidaknya ada 2,3 miliar orang di seluruh dunia aktif menggunakan media sosial, menurut survey dari sebuah lembaga survey internasional, Statista. Pebisnispun akhirnya berbondong-bondong ke saluran media sosial marketing ini karena di situlah tempat pelanggan mereka berada. Bahkan ketika peluncuran produkpun, media sosial menawarkan solusi yang efektif dan murah untuk pemasar yang kreatif.

Bagi yang masih belum maksimal dalam kampanye Social Media Marketing, gunakan ide-ide berikut ini untuk menginspirasi strategi media sosial marketing untuk peluncuran produk Anda:

Luncurkan kampanye promosi yang kreatif

Sebelum meluncurkan produk Anda, Anda perlu membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa target Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui promosi penggoda yang kreatif, dengan informasi sepotong-sepoting (tidak lengkap) yang jutsru efektif membuat publik mencari tahu akan ada apakah gerangan? Ini yang diincar pemasar yang kreatif.

Tantang penggemar dan tawarkan hadiah

Apakah Anda ingin melibatkan orang jauh sebelum peluncuran produk Anda yang sebenarnya? Menciptakan tantangan menarik dengan janji insentif yang sesuai dapat menjadi strategi media sosial yang efektif untuk mempromosikan peluncuran produk Anda. Ambil, misalnya, bagaimana HBO menantang penggemar “Game of Thrones” untuk hastag #CatchDrogon sebelum premiere Season 5 dari seri ini benar-benar diluncurkan.

Menawarkan ulasan produk di balik layar

Seperti halnya media sosial, ulasan produk di balik layar adalah cara yang bagus untuk melibatkan penggemar sebelum peluncuran produk baru. Ketika Anda memposting foto dan video yang menampilkan apa yang terjadi di belakang layar, sama artinya dengan Anda terus-menerus melibatkan audiens dan mempertahankan minat mereka terhadap produk Anda.

Salah satu contoh yang baik adalah bagaimana sutradara Colin Trevorrow terus memperbarui penggemar dengan foto di balik layar untuk “Jurassic World” sebelum dirilis. Dia memposting gambar non baku untuk memberi tahu para penggemar bahwa mereka telah selesai syuting film.

Buat hashtag dan bikin kontes yang menarik

Hashtag mendorong pengguna untuk berbagi konten dan menawarkan daya tarik terkait dengan orang-orang yang berpikiran sama. Salah satu contohnya adalah tagar #WellTravelled yang telah menarik jutaan pengguna di seluruh dunia. Daripada mengiklankan nama merek atau produk yang sebenarnya, Herschel membagikan tema yang terkait dengan merek tersebut.

Selain itu kontes juga bisa jadi cara yang efektif dalam sosial media marketing. Ketika orang diberi kesempatan untuk memenangkan sesuatu, mereka cenderung lebih bersemangat untuk mencari tahu produk yang sudah Anda targetkan. Intinya, Anda harus kreatif dan up to date.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *